Tips Bermain Golf Demi Mendapatkan Swing yang Sempurna

Tips Bermain Golf Demi Mendapatkan Swing yang Sempurna

Dalam olahraga golf, sangatlah bagi pemain untuk menguasai tips bermain golf seperti teknik melakukan swing yang tepat. Hal ini disebabkan karena swing memiliki peranan penting yakni sebagai satu-satunya cara mencetak angka. Permainan golf memang tidak menghasilkan keringat seperti olahraga lainnya. Namun, pemain membutuhkan waktu, perhitungan, latihan serta keahlian khusus demi memperoleh kemenangan. Kurangnya keterampilan dalam bermain golf bisa menyebabkan beberapa permasalahan bagi pemain pemula.

Tips Bermain Golf Demi Mendapatkan Swing yang Sempurna

Kurangnya latihan maupun kurangnya pengertian akan teknik melakukan swing yang tepat bisa menyebabkan gagalnya eksekusi swing. Gagalnya swing bisa berupa bola melenceng, pukulan ternyata tidak mengenai bola atau justru memukul tanah (grounded).

Ketika masih belajar melakukan swing seringkali pemain berhasil memukul bola, namun bola melesat jauh dari sasaran atau melenceng. Bahkan terkadang stik golf sama sekali tidak mengenai bola. Karena begitu percaya diri dan terlalu bersemangat, pemain pemula sering melakukan pukulan yang justru mengenai tanah bukan mengenai bola. Hal ini bisa dimaklumi mengingat pemain pemula masih harus banyak belajar dan melatih pukulan mereka.

Tips Bermain Golf Demi Mendapatkan Swing yang Sempurna

Sebelum benar-benar bermain golf, lazimnya pemain harus menguasai teknik melakukan pukulan golf sebelum benar-benar untuk terjun ke lapangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan demi memperoleh swing yang sempurna.

  1. Atur Posisi Badan
    Tips bermain golf bagi pemain pemula yang pertama adalah mengatur posisi badan agar seimbang dan kokoh. Saat memukul bola, pastikan bahwa kuda-kuda atau pijakan kaki Anda cukup kuat sehingga badan jadi seimbang. Dalam posisi yang seimbang, pemain bisa merasakan perpindahan tumpuan berat badan dari kanan ke arah kiri pada saat melakukan downswing. Sebagai poros untuk berotasi, punggung pemain harus dalam keadaan tetap, tidak berubah posisi ketika melakukan pukulan.
  2. Latihan Back dan Down
    Untuk melancarkan gerakan swing, pemain perlu melakukan latihan back dan down. Gerakan back merupakan gerakan memutar badan sejauh 90 derajat dari target pukulan. Gerakan ini menyerupai gerakan seolah-olah akan memukul bola. Kemudian lakukan gerakan down dengan memutar kembali hingga posisi badan 90 derajat ke arah yang berlawanan.
  3. Mendapatkan “Feels” Pukulan
    Tips bermain golf selanjutnya adalah mendapatkan “feels” pukulan. Salah satu cara untuk mendapatkan “feels” dalam bermain golf yakni dengan melakukan pukulan sesering mungkin. Untuk mendapatkan “feels” ayunan, pemain bisa melatih teknik dasar memukul seperti posisi berdiri, memegang stik dengan benar dan posisi tumpuan kaki hingga menemukan gaya pukulan yang terbaik. Gaya pukulan yang terbaik bisa dirasakan ketika pemain melakukan teknik swing yang tepat. Ambil posisi berdiri tegak atau sedikit menekuk lutut sehingga badan terasa steady. Kemudian angkat stik dengan tangan kanan. Pastikan posisi stik sejajar dengan tubuh Anda dan jangan rubah posisi pegangan tangan. Gunakan kaki kanan sebagai tumpuan beban dengan lutut kiri agak sedikit ditekuk. Ayunkan stik untuk melakukan downswing dengan mengarahkannya ke target bola. Pada akhir ayunan, posisi stik akan berada sejajar dengan posisi badan dan kaki kiri yang menjadi tumpuan dengan lutut kanan sedikit ditekuk.
  4. Gunakan Kekuatan Tubuh Untuk Melakukan Swing, Bukan Kekuatan Lengan
    Pemahaman keliru yang paling sering ditemui di permainan golf adalah jauhnya pukulan bergantung pada keras lemahnya ayunan tangan. Padahal sebenarnya tips bermain golf untuk pukulan yang maksimal bisa dihasilkan dari gerakan serasi sentrifugal putaran badan. Bagi pemain pemula, berlatihlah untuk memaksimalkan pukulan dengan memanfaatkan gaya serasi sentrifugal ini. Dengan menguasai kemampuan ini, pemain golf berbadan kecil sekalipun tetap bisa memukul bola sampai jauh.
0 Comments

Add Your Comment: